Jamu Ginggang Pakualaman

Foto by @chell_vioolletha

JOGJAFOOD.COM – Apa yang terlintas dalam pikiran kamu jika mendengar kata jamu?

Untuk kamu yang sedang berada di Yogyakarta, minuman ini layak dicoba. Berbahan dasar rempah-rempah asli Indonesia yang diracik sedemikian rupa menjadikan ramuan tradisional ini terkenal menyegarkan dan menyehatkan.

Salah satu yang cukup legendaris adalah kios jamu ginggang Pakualaman.

Berawal pada 1925 masa Pemerintahan Sri Pakualam VI ,salah seorang abdi dalem kraton Pakualaman yang bertugas meramu dan menyajikan jamu untuk lingkungan kraton Pakualaman saja. Atas Izin dari Sri Pakualam VI , Seorang abdidalem yang bernama Bilowo diberikan izin untuk menjual jamu di lingkungan Kadipaten Pakualaman.

Seiring berjalannya waktu, untuk meningkatkan pelayanan bagi para penikmat jamu, akhirnya mereka membuka gerai jamu ginggang. Hingga saat ini yang mengelola bahkan sudah sampai generasi ke-5 .

Menu yang tersedia:
Sehat Pria Komplit, Sehat Wanita Komplit, Jamu watukan, Temulawak, Kunir asem, Beras kencur, Dll

Cara penyajiannya yaitu 2 gelas ukuran besar & kecil (1 jamu yang agak pahit + 1 minuman manis sebagai penawar). Ramuan jamu bisa dinikmati dalam keadaan hangat ataupun dingin.

Alamat JAMU GINGGANG : Jln.Masjid PA No 32 RT 034/RW 09 Kauman Pakualaman Kodya Yogyakarta
Atau Kalo dari Nol Kilometer Jogja Jl.Senopati kearah timur pada trafficlight ke 2 (eks bioskop Permata ) belok ke kiri 50 meter nemu Perempatan Jl.Hayamwuruk -Jl.Beji belok 100 meter kanan nanti Jamu Ginggang kanan jalan(selatan)

Waktu Buka: 09.30 – 20.30 WIB Setiap hari

 

Sumber dari facebook infokulinerjogja

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*