Ayam Goreng Kalasan

Foto by @chiauling09

JOJGAFOOD.COM – Ayam Goreng Kalasan adalah salah satu jenis olahan ayam goreng khas dari daerah Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Keistimewaan dari Ayam Goreng Kalasan ini adalah rasa ayamnya yang gurih dan kremesan yang sangat khas.

Rasa khas dari Ayam Goreng Kalasan ini tidak lepas dari campur tangan Mbok Berek, orang yang pertama kali memperkenalkan ayam goreng ini. Menurut beberapa sumber, Mbok Berek pertama kali memperkenalkannya lewat warung makan kecil miliknya di Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, tepatnya di pinggir jalan Jogja – Solo. Karena rasanya yang unik dan beda dengan ayam goreng lainnya di masa itu, ayam goreng Mbok Berek sangat diminati oleh masyarakat disana. Bahkan pada tahun 1950an, Presiden Soekarno pun pernah mampir ke Rumah Makan Mbok Berek ini.

Karena banyaknya pembeli, Mbok Berek mulai memperkerjakan warga sekitar. Namun pada tahun 1960an, Warung Makan Mbok Berek pun mengalami kebangkrutan. Tidak hanya sampai disitu, setelah mengalami kebangkrutan, bisnis Ayam Goreng Mbok Berek akhirnya di teruskan oleh para pekerjannya dengan membuat warung makan sendiri. Dari situlah mulai banyak yang memproduksi ayam goreng ini dan mulai dikenal masyakakat luas dengan sebutan Ayam Goreng Kalasan hingga sekarang.

Rasa krispi dari kramesan ini terbuat dari adonan tepung kanji, sehingga menghasilkan kremesan yang renyah dan tidak keras. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang di bumbui dengan garam dan bawang. Selain itu ayam tersebut di masak dengan cara khusus sehingga menghasilkan daging yang empuk dan dan memiliki kematangan yang sempurna.

Sumber artikel dari facebook infokulinerjogja

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*